Follow Me @aardhidr

Tuesday, April 3, 2012

Keistimewaan Kunang-Kunang


Semuanya pasti tahu apa itu Kunang-kunang kan? Kunang-kunang adalah hewan yang sangat kecil, begitu pun dengan cahayanya, tetapi tidak ada satu pun orang yang tidak tahu dengan kunang-kunang. Walaupun kunang-kunang cuma memiliki cahaya yang kecil, tapi tidak pernah ada cahaya yang bisa menandingi betapa indahnya cahaya kunang-kunang. nahhh... sekarang kita akan menggali lebih dalam lagi tentang keistimewaan kunang-kunang..


Kalian pernah ngeliat cahaya yang bergerak-gerak dipepohonan pada suasana malam? (saya yakin belom, tapi kita anggap aja udah ya :D) , nahhh,, sumber cahaya yang bergerak-gerak itulah yang dinamai kunang-kunang. Kunang-kunang memiliki sangat banyak keistimewaan diantaranya, kunang-kunang adalah makhluk hidup bercahaya yang paling terkenal didunia. Kunang-kunang adalah makhluk hidup yang dengan seketika mampu merubah gelap-sunyinya suasana malam menjadi terang dan indah. Tak ada satupun orang yang mampu menolak untuk melihat betapa indahnya cahaya kunang-kunang.
 
Pernahkah kalian berpikir darimana asalnya cahaya pada kunang-kunang? 


Hal inilah yang membuat kunang-kunang menjadi makhluk hidup yang paling banyak dipelajari oleh para peneliti dunia. Dan hebatnya lagi hingga saat ini belum ada ada satu pun peneliti yang mampu menciptakan cahaya semelimpah yang dihasilkan kunang-kunang. Ada lagi keunikan pada kunang-kunang. Masih ingatkah kalian dengan pelajaran Fisika SMP materi Cahaya? Cahaya akan menghasilkan energi panas. Nahhh,,, lantas mengapa kunang-kunang dapat menghasilkan cahaya, namun tidak terpengaruh oleh panas cahaya itu? Tetapi memang itulah yang terjadi, makhluk bercahaya satu ini sangat luar biasa, mereka tidak pernah mengalami cedera akibat cahaya yang mereka keluarkan. Itu karena cahaya yang dihasilkan makhluk-makhluk ini betul-betul berbeda dengan yang biasa kita gunakan sebagai alat penerangan. Cahaya kunang-kunang disebut “cahaya dingin”. Hawa panas tidak dipancarkan sepanjang proses menghasilkan cahaya dingin berlangsung. Karena itu, proses menghasilkan jenis cahaya ini sangat efektif. Para ahli bertahun-tahun telah mencoba untuk meniru jenis cahaya ini, namun tetap tidak berhasil.  Lantas apa kegunaan cahaya pada kunang-kunang itu sendiri? (pertanyaan bagus). Kunang-kunang menghasilkan cahaya yang berwarna kuning hijau dari tubuh mereka. Bagi kunang-kunang cahaya adalah alat komunikasi diantara sesama mereka. Kunang-kunang juga menjadikan cahayanya sebagai pelindung dari musuhnya, karena, berkat cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang, musuhnya jadi berfikir bahwa mereka adalah makhluk yang rasanya tidak enak, sehingga musuh-musuh mereka memutuskan untuk pergi dan tidak jadi memangsa mereka. nahhh,,,, sekarang udah tahu kan betapa hebatnya kunang-kunang? Jadi susah seharusnya kita menyelamatkan populasi mereka, diantaranya dengan menjaga habitat mereka yaitu jangan menebang pohon liar dan teruslah menanam pepohonan sebagai tempat tinggal mereka.

Dimohon dengan sangat..Kalau anda yang mengunjungi blog ini ingin mengcopy artikel sangat diperbolehkan,,namun jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya ya.. http://phinci.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Saran dan kritik anda sangat diperlukan untuk hasil yang lebih optimal