Follow Me @aardhidr

Friday, January 23, 2015

Perbedaan Umum antara HIV dan AIDS


PERBEDAAN ANTARA HIV DAN AIDS

HIV adalah

Human Immuno Deficiency Virus, suatu virus yang menyerang sel darah putih manusia dan menyebabkan menurunnya kekebalan/ daya tahan tubuh, sehingga mudah terserang infeksi/penyakit.

AIDS adalah

Acquired Immune Deficiency Syndrome, yaitu timbulnya sekumpulan gejala penyakit yang terjadi karena kekebalan tubuh menurun,oleh karena adanya virus HIV di dalam darah.


Infeksi HIV/AIDS berbahaya, karena telah banyak pengidap HIV/AIDS yang meninggal
  • Gejala muncul setelah 2 - 10 tahun terinfeksi HIV. 
  • Pada masa tanpa gejala sangat mungkin menularkan kepada orang lain. 
  • Setiap orang dapat tertular HIV/AIDS. 
  • Belum ada vaksin dan obat penyembuhnya. 

Perjalanan Penyakit dan Gejala yang Timbul

Dalam masa sekitar 3 bulan setelah tertular, tubuh belum membentuk antibodi secara sempurna, sehingga tes darah tidak memperlihatkan bahwa orang tersebut telah tertular HIV. Masa 3 bulan ini sering disebut dengan masa jendela.

Masa tanpa gejala, yaitu waktu (5 - 7 tahun) dimana tes darah sudah menunjukkan adanya anti bodi HIV dalam darah, artinya positif HIV, namun pada masa ini tidak timbul gejala yang menunjukkan orang tersebut menderita AIDS, atau dia tampak sehat. 

Masa dengan gejala, ini sering disebut masa sebagai penderita AIDS. Gejala AIDS sudah timbul dan biasanya penderita dapat bertahan 6 bulan sampai 2 tahun dan kemudian meninggal

Dapatkan penjelasan tentang HIV dan AIDS dalam postingan sebelumnya

1 comment:

  1. Thanks. akhirnya saya bisa menemukan informasi tentang kaliyoso. Kyai Abdul Jalal adalah kakek moyang saya. Beliau adalah keturunan dari Kidjuru Mertani Trah Mataram.

    ReplyDelete

Saran dan kritik anda sangat diperlukan untuk hasil yang lebih optimal